Cari Di sini Untuk Artikel Lain
  • Youra Noum, Miss Egypt 2011

    Bagi yang Belum tahu ini dia Wakil Egypt di ajang Miss Universe 2011 yang lalu, Bagaimana Cantik kan?

  • Alasan Kenapa Jari Keriput di Masukkan Air

    Ada fenomena menarik yang selalu terjadi ketika kita menghabiskan waktu lama berendam di bak mandi. Atau berenang di kolam untuk jangka waktu yang cukup panjang. Atau, karena mencuci pakaian atau piring. Jari-jemari tangan dan kaki bisa mengerut dan terlihat seperti keriput. Setelah kita mengeringkannya dan tidak terpapar air lagi, kondisi kulit akan kembali mulus seperti sedia kala.

  • Sudah Tahukah Penemu Alfabet

    Huruf-huruf dari suatu alfabet sebenarnya adal`h tanda-tanda yang bersuara. Huruf-huruf alfabet Inggris didasarkan pada alfabet Romawi yang usianya kira-kira 2.500 tahun. Huruf-huruf besar hampir sama persis dengan huruf-huruf besar yang digunakan dalam prasasti Romawi pada abad ketiga sebelum Masehi.

  • Lampu Darah

    Bagaimana jika setiap kali kita ingin menyalakan lampu, maka kita harus berdarah terlebih dahulu? Maka dengan demikian, kita akan berpikir dua kali sebelum menerangi ruangan tersebut, dan menggunakan energi yang ada!

Tips Memilih Hosting yang Tepat


Web Hosting adalah jasa penyewaan tempat yang memungkinkan kita untuk meng-online-kan website / blog yang kita miliki, atau sama halnya dengan Penerbit jika berbentuk buku. Lalu, apa saja sih yang harus diperhatikan ketika memilih jasa ini?

1. Service/Pelayanan.
Ini adalah hal paling utama bagi pengguna jasa, tentu saja sebagai konsumen, kita menuntut pelayanan yang baik dari penyedia jasa. Lalu apa saja bentuk pelayanan yang bisa kita dapatkan?

1. Customer Service
Pastika CS mereka selalu aktif minimal pada saat jam kerja setiap harinya, dan setidaknya ada 1 orang CS yang selalu siap melayani. Hindari penyedia jasa yang tidak memiliki CS yang tidak bisa membantu kita. Lebih baik lagi jika CS tersebut aktif 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
2. Harga
Ada harga, ada kualitas. Kalimat yang sering kita dengar ketika akan membeli atau menyewa sesuatu. Jangan tergiur dengan harga murah dengan layanan serba wah, bisa saja mereka adalah penyedia jasa yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Jangan sampai karena tergiur harga murah, tak lama kemudian penyedia layanan bangkrut dan semua data kita hilang.
3. Jaminan Layanan
Kita sudah terbiasa dengan yang namanya garansi, tanyakan pada CS tersebut, apa kompensasi atau garansi yang kita dapat jika pelayanan mereka tak sesuai dengan yang mereka tawarkan.
4. Uptime
Uptime merupakan persentase server hosting bisa terus 'mengudara' untuk menerbitkan website yang kita simpan. Tanyakan pula kepada CS, berapa persen uptime server yang mereka berikan, dan juga tanyakan kepada teman yang sudah mencoba jasa dari penyedia tersebut. Minimal uptime sekitar 90% (21,5 jam sehari), dan yang paling baik adalah uptime diatas 95% (23 jam sehari). Tujuannya agar menghindari website kita tidak bisa diakses dalam waktu yang cukup lama.
5. Hak Penuh atas Hosting dan Domain
Ini penting, tak sedikit penyedia jasa yang bandel tidak memberikan hak penuh atas host dan domain yang telah kita bayar. Biasanya mereka tidak mau kehilangan pelanggan, sehingga membatasi kebebasan konsumen. Pastikan juga penyedia layanan bersedia jika kita ingin transfer domain ke penyedia hosting lain.


2. Fitur
Ada berbagai fitur dan spesifikasi yang ditawarkan setiap penyedia jasa hosting, disini kita akan dipusingkan dengan berbagai tawaran fitur yang menarik. Dari perbandingan fitur dan harga ini, kita akan mengetahui kualitas penyedia jasa tersebut.

1. Kualitas Jaringan
Caranya dengan mengecek kecepatan akses server ke penyedia jasa, bisa dengan cara 'ping' ke domain website provider tersebut. Dan lebih bagus jika penyedia tersebut menyediakan layanan percobaan, atau free trial untuk mengecek kualitas server mereka.
2. Control Panel
Setelah mendapatkan akun free trial, cek juga kemudahan control panel dari hosting tersebut, saya merekomendasikan hosting dengan control panel dari CPanel, biasanya penyedia jasa hosting yang serius dalam memperhatikan kualitas, lebih memilih CPanel karena kemudahan dalam mengelola web host.
3. Spesifikasi server
Tentunya kita membutuhkan webserver terutama untuk dynamic page, seperti PHP server atau ASP server, sesuaikan pula dengan type web yang kita gunakan, apakah menggunakan PHP atau ASP.
Hal lainnya yaitu database, cek apakah mendukung database yang akan kita gunakan untuk website tersebut, atau tidak. Biasanya database yang digunakan adalah MySQL.
Apakah host kita juga bisa memiliki FTP server? FTP server sangat vital disini, logikanya, bagaimana kita upload web ke host jika tidak ada FTP server? Tidak lupa juga untuk mengecek versi dari mulai PHP server, ASP server, SQL server, dan yang lainnya.
4. Obeng, Palu, Tang, dan peralatan tambahan lainnya
Disana terdapat tambahan tambahan yang tak kalah penting, seperti Domain Manager, Software Installer, Website Builder, Web Mail, dan berbagai kebutuhan pendukung lainnya. Pastikan seluruh peralatan tambahan ini berfungsi dengan baik.


Sekarang, kita sudah mendapatkan jasa mana yang akan kita pakai, selanjutnya mempertimbangkan hal lain, seperti lokasi server. Sebelum memutuskan untuk mengambil server lokal (Indonesia, kebanyakan di IIX) atau server internasional (biasanya di USA) pelajari dulu target pasar, atau target user untuk membuka website yang kita miliki. Jika hanya ingin mendatangkan user dari dalam negeri, pilih saja server lokal, namun kalau ingin mendatangkan dari luar negeri, bisa pilih server Internasional (saya rekomendasikan USA server).

Kemudian menentukan paket layanan yang akan kita gunakan, biasanya setiap penyedia jasa selalu memberikan detail layanan paket, mulai dari Rp. 1.000,- sampai dengan jutaan rupiah per bulannya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan agar kita tidak merasa mubadzir dengan layanan paket yang tidak digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © Berbagilmu.