Cari Di sini Untuk Artikel Lain
  • Youra Noum, Miss Egypt 2011

    Bagi yang Belum tahu ini dia Wakil Egypt di ajang Miss Universe 2011 yang lalu, Bagaimana Cantik kan?

  • Alasan Kenapa Jari Keriput di Masukkan Air

    Ada fenomena menarik yang selalu terjadi ketika kita menghabiskan waktu lama berendam di bak mandi. Atau berenang di kolam untuk jangka waktu yang cukup panjang. Atau, karena mencuci pakaian atau piring. Jari-jemari tangan dan kaki bisa mengerut dan terlihat seperti keriput. Setelah kita mengeringkannya dan tidak terpapar air lagi, kondisi kulit akan kembali mulus seperti sedia kala.

  • Sudah Tahukah Penemu Alfabet

    Huruf-huruf dari suatu alfabet sebenarnya adal`h tanda-tanda yang bersuara. Huruf-huruf alfabet Inggris didasarkan pada alfabet Romawi yang usianya kira-kira 2.500 tahun. Huruf-huruf besar hampir sama persis dengan huruf-huruf besar yang digunakan dalam prasasti Romawi pada abad ketiga sebelum Masehi.

  • Lampu Darah

    Bagaimana jika setiap kali kita ingin menyalakan lampu, maka kita harus berdarah terlebih dahulu? Maka dengan demikian, kita akan berpikir dua kali sebelum menerangi ruangan tersebut, dan menggunakan energi yang ada!

Luar Biasanya Manfaat ASI


Kalau hari ini masih ada orangtua -terutama ibu- yang masih menyangsikan dahsyatnya manfaat ASI, sungguh hal itu amat disesalkan. Dan, apabila saat ini masih ada ibu yang enggan menyusui bayinya secara eksklusif, menurut saya yang demikian itu sungguh amat menyedihkan. Bahkan saya beri predikat “amat sangat menyebalkan” jika ditambah embel-embel mengagungkan susu sapi formula plus suplemen ini-itu produksi pabrik.

Kayaknya saya dongkol berengkol banget ya, sama mereka yang punya pikiran melecehkan ASI. Lebih tepatnya, gemas sekali. Sebab selama ini secara pribadi, saya telah merasakan betapa ASI luar biasa manfaatnya bagi perkembangan anak-anak saya. Dan pengalaman itu bukan apa-apa dibandingkan jutaan artikel yang mengupas manfaat ASI bagi bayi, seiring dilakukannya ribuan penelitian ilmiah seputar keunggulan ASI oleh para pakar. Jadi menurut saya, keutamaan menyusui bayi dengan ASI secara eksklusif sudah tak terbantahkan.

Inilah diantaranya poin-poin penting yang telah banyak diteliti dan membuktikan bahwa ASI anugerah Ilahi ini begitu dahsyat.

Pertama, karena kandungan kolostrum yang hanya diproduksi dalam 24-36 jam pertama setelah melahirkan. Paling tidak ada 4 manfaat kolostrum pada ASI yang sangat berguna bagi bayi.

1. Kolustrum mengandung zat kekebalan terutama imunoglobin A (lgA) untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare.
2. Jumlah kolustrum yang diproduksi bervariasi tergantung dari hisapan pada hari – hari pertama kelahiran. Walaupun sedikit namun cukup untuk memenuhi gizi bayi. Oleh karena itu kolustrum harus diberikan pada bayi.
3. Kolustrum mengandung protein, vitamin A yang tinggi dan mengandung karbohidrat dan lemak rendah, sehingga sesuai dengan kkebutuhan gizi bayi baru lahir.
4. Kolostrum membantu mengeluarkan mekonium yaitu kotoran bayi yang pertama berwarna hitam kehijauan.

Kedua, karena komposisi protein dalam ASI seimbang-sempurna bagi bayi. Perbandingan whey dan casein dalam protein ASI tepat sesuai bagi bayi manusia.

ASI mengandung whey (protein utama dari susu yang berbentuk cair) lebih banyak daripada casein (protein utama dari susu yang berbentuk gumpalan) dengan perbandingan 65 : 35. Komposisi ini menyebabkan protein ASI lebih mudah diserap oleh tubuh bayi.
Sementara, susu formula, protein susu sapi tidak mudah diserap karena mengandung lebih banyak casein. Perbandingan whey dan casein dalam susu sapi adalah 20 : 80.

Ketiga, ASI mudah dicerna.

* ASI mudah dicerna bayi karena mengandung enzim-enzim yang dapat membantu proses pencernaan, antara lain lipase (untuk menguraikan lemak), amilase (untuk menguraikan karbohidrat), dan protease (untuk menguraikan protein).Sisa metabolisme yang akan diekskresikan (dikeluarkan) melalui ginjal pun hanya sedikit, sehingga kerja ginjal si kecil menjadi lebih ringan. Metabolisme ini penting karena merupakan proses pembakaran zat-zat di dalam tubuh menjadi energi, sel-sel baru, dan lain-lain.
* Susu formula sulit dicerna karena tidak mengandung enzim perncernaan, sebab serangkaian proses produksi di pabrik mengakibatkan enzim-enzim pencernaan tidak berfungsi. Akibatnya pada bayi, lebih banyak sisa pencernaan yang dihasilkan dari proses metabolisme, yang membuat ginjal bayi harus bekerja keras.
* Pada bayi prematur, ASI ibu juga sesuai dengan kebutuhan bayinya. Kandungan proteinnya lebih tinggi dan lebih mudah diserap sehingga bayi lebih cepat tumbuh berat badan maupun sel otaknya.

Keempat, ASI 100% alami. Bandingkan dengan susu formula yang nyaris 100% sintetis.

Susunan kimiawi susu sapinya tidak begitu banyak karena mayoritas mengandung prebiotik, DHA. Itulah sebabnya mengapa disebut susu formula dan bukan susu sapi. Susu sapinya sendiri diolah dengan temperatur tinggi, nilai gizinya dipertanyakan.

Kelima, secara psikologis aktifitas menyusui bayi dengan ASI membuat bayi dan ibu lebih dekat secara fisik maupun emosi.

Hasil penelitian Dr. Scott Montgomery, ahli epidemiologi di Karolinska Institute Swedia: bayi-bayi yang disusui oleh ibunya akan tenang dan tidak mudah gelisah untuk waktu yang lama. Bahkan setelah mereka disapih mereka lebih kuat menghadapi situasi yang bisa membuat stres.

Keenam, ASI selalu segar dengan citarasa bervariasi.

ASI tak bakalan basi sebab ASI selalu diproduksi oleh pabriknya di wilayah payudara. Bila gudang ASI telah kosong, ASI yang tidak dikeluarkan akan diserap kembali oleh tubuh ibu. Jadi, ASI dalam payudara tak pernah basi dan ibu tak perlu memerah dan membuang ASI-nya sebelum menyusui. Cita rasa ASI-pun bervariasi sesuai dengan jenis senyawa atau zat yang terkandung di dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu.

Ketujuh, menyusui bayi dengan ASI memberikan keuntungan balik pada kondisi fisik ibu, antara lain:

1. Hisapan bayi membantu rahim menciut, mempercepat kondisi ibu untuk kembali ke masa pra-kehamilan dan mengurangi risiko perdarahan
2. Lemak di sekitar panggul dan paha yang ditimbun pada masa kehamilan pindah ke dalam ASI, sehingga ibu lebih cepat langsing kembali
3. Penelitian menunjukkan bahwa ibu yang menyusui memiliki resiko lebih rendah terhadap kanker rahim dan kanker payudara.

Daaan….. masih banyak lagi hasil penelitian para ahli di dalam dan luar negeri yang membuktikan betapa dahsyat manfaat ASI bagi bayi/anak manusia. Makanya, hari gini… masih sangsi sama ASI?? Jangan lah Bun…

Lalu bagaimana dengan pengalaman pribadi tadi? Nggak penting untuk dibahas, tapi asal tahu saja, saya bersyukur dan bahagiaaaa sekali saat ditunjukkan oleh perawat yang menimbang badan Tsabita sebulan setelah kelahirannya. 3, 4 kg!! Itu berarti naik 900 gram dari berat lahirnya yang hanya 2500 gram. Alhamdulillah, Allahu Akbar! Benar-benar tidak ada keraguan pada kebesaran Allah SWT dan apa yang diturunkan-Nya melalui Muhammad Rasulullah Saw, Al-Qur’an.

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan” (Al-Baqarah [2]: 233)

Pantaslah DIA perintahkan para ibu untuk menyusui anaknya sebab bukanlah ibu yang memutuskan untuk membuat ASI. Bukan pula para ibu yang menyusun komposisi dan menentukan kandungan nutrisi dalam ASI. Tetapi Allah Yang Maha Kuasa-lah yang IA Maha Mengetahui kebutuhan setiap makhluk hidup ciptaan-Nya dan memperlihatkan kasih sayang-NYA kepada kita, manusia, dengan menciptakan ASI di dalam tubuh para ibu. Maka sempurnalah kedahsyatan ASI……

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © Berbagilmu.